Wednesday, September 21, 2011

KASUS YANG MASIH MENJADI MISTERI

Angka 7: 7 cases in the world of unsolved: 1. Ghost House The Amityville You ever watch a horror movie Amityville House? Did film is lifted from the horror novel written by George and...
read more...

MANUSIA MANUSIA ANEH

Angka 7: 7 people in the world's most bizarre: No. 1 - Thai Ngoc: No sleep for three of the Decade Thai Ngoc, 64, said he could not sleep after suffering from fever in 1973, and has und...
read more...

Angka 7: 7 hal yang yang dibenci wanita

Angka 7: 7 hal yang yang dibenci wanita: Angka 7 - sebenarnya untuk menjadi pria idaman itu ndag susah2 amat, kalian cuma perlu tau apa sih yang sebenarnya di sukai sama wanita dan...
read more...

Angka 7: 7 Hantu terpopuler di indonesia

Angka 7: 7 Hantu terpopuler di indonesia: Berbicara tentang hantu setiap orang pasti kenal dengan mahluk gaib yang satu ini. berikut 7 hantu terpopuler di indonesia . # 1 . POCONG ...
read more...

PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN

PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN
(Mulyadi dan Hansen, Mowen)
Definisi : Suatu penilaian untuk menentukan seberapa efektifnya suatu operasi berjalan dalam suatu organisasi berdasarkan criteria yang ditetapkan sebelumnya.

Penilaian Kinerja Manajemen : Menilai prilaku manusia dalam rangka pelaksanaan perannya dalam organisasi.

Manfaat penilaian kinerja manajemen :
1.  Menjamin Operasi organisasi berjalan secara efektif dan efisien melalui pemotivasian karyawan.

Dalam manjalankan organisasi dapat dilakukan dalam 2 (dua) cara :
            Ancaman Tangan Besi à Tidak efektif dan efisien
            Memaximumkan motivasi karyawan à saat karyawan menjadikan sasaran organisasi sebagai sasaran pribadinya à timbul motivasi

ð Tujuan POKOK penilaian kinerja à untuk memaksimumkan motivasi karyawan (melalui adanya keselarasan antara kepentingan/sasaran organisasi dan pribadi/karyawan) sehingga sasaran organisasi tercapai.

Faktor-faktor yang memperngaruhi orang memiliki motivasi :
  • Sasaran Organisasi yang menantang
  • Kinerja dan penghargaan
  • Penghargaan yang memuaskan tujuan pribadi à karyawan akan puas jika penghargaan dianggap adil à muncul motivasi

Dampak rendahnya motivasi karyawan :
·         Kurang perduli terhadap pekerjaan dan organisasi
·         Tidak masuk kerja / kurang disiplin
·         Tingginya tingkat perputaran karyawan dll

2.       Membantu pengamilan keputusan yang berhubungan dengan karyawan (promosi, mutasi, PHK)
3.       Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan
4.       Menyediakan umpan balik bagi karyawan mengenai bagaimana seorang atasan menilai kinerja mereka.

PENGUKURAN DAN PENGHARGAAN KINERJA MANAJEMEN

Banyak anggapan kinerja divisi = kinerja manajer à Anggapan salah !!
Karena : Kinerja divisi banyak yang tentukan oleh faktor-faktor yang berada diluar kendali manajernya.

Manajemen diberi wewenang oleh pemilik dalam menjalankan perusahaan dan membuat harta pemilik bertambah à pilih orang yang benar à punya info2

Ada 3 alasan manajemen tidak melakukan pekerjaan dengan baik :
1.             Low Skill à pemilik harus benar2 saring orang2 yang kompeten
2.             Manajer tidak suka tantangan atau malas untuk pekerjaan yang beresiko.
3.             Agency Theory
4.             Dll

Kinerja manajer baik à Dipikirkan suatu insentif berupa : tunjangan, bonus, gaji yang naik, dll

Tunjangan à Jenis keuntungan tambahan yang diterima karyawan di luar gaji, misalnya kantor mewah, mobil, rekening pengeluaran pribadi yang dibayarkan kantor, dll à sering disalahgunakan à Butuh upaya menciptakan kesesuaian tujuan / kepentingan pemilik dan manajemen à disebut KOMPENSASI MANAJEMEN, yaitu berbagai insentif yang diperoleh akibat kinerja positif.

JENIS KOMPENSASI :
   Kompensasi Keuangan berupa : Kenaikan gaji, bonus berdasarkan laba yang diperoleh, opsi saham dll à kenaikan gaji hal permanent perlu ditambah dengan  pemberian bonus berdasarkan sesuatu.
Contoh :
Seorang manajer mendapat gaji $75.000 dan bonus tambahan 5% dari kenaikan laba bersih yang dilaporkan à skema seperti ini menciptakan motivasi untuk naikkan laba perusahaan à tcipta keselarasan 2 pihak

MASALAH dalam Pengaturan Kompensasi berdasarkan laba :
  1. Menciptakan prilaku disfungsional misal : tangguhkan biaya perawatan mesin
  2. Jika dipatok konpensasi 3% dari laba tapi < $50.000 à laba ditangguhkan untuk periode mandatang.
  3. Menciptakan prilaku spekulatif manajemen seperti :
                         Menolak investasi peralatan canggih dan efektif à beban depresiasi rendah à laba tinggi
                         Perubahan metode pencatatan persediaan
                         Pengurangan kerugian (penghapusan persediaan)
                         Penundaan pengakuan laba untuk periode berikutnya

Praktek-praktek diatas à tunjukkan manajer memiliki inisiatif dlm memahami perhitungan angka-angka akuntansi yang digunakan dalam penilaian evaluasi kinerja

ð Kompensasi keuangan di atas bersifat TUNAI dan HANYA mampu mendorong orientasi jangka pendek, sedang kompensasi NON TUNAI mendorong orientasi jangka panjang.
Contoh : Bonus ditukar dengan kepemilikan saham perusahaan (ikat manajer secara tidak langsung) seperti dilakukan di Eastman Kodak, Xerox dan Gerber

    Kompensasi Non Keuangan berupa : naik jabatan, ruangan lebih nyaman dan mewah dll
read more...